• Jumat, 15 Maret 2013

      PENGERTIAN TEKHNOLOGI PENDIDIKAN

      PENGERTIAN TEKHNOLOGI PENDIDIKAN Teknologi pendidikan bisa dipandang sebagai suatu produk dan proses (Sadiman, 1993). Sebagai suatu produk, teknologi pendidikan mudah dipahami karena sifatnya lebih kongkrit seperti radio, televisi, proyektor, OHP, dan sebagainya. Sebagai sebuah proses, teknologi pendidikan bersifat abstrak. Dalam hal ini teknologi pendidikan bisa dipahami sebagai suatu proses yang kompleks dan terpadu yang melibatkan orang, prosedur, ide, peralatan, dan organisasi untuk menganalisis masalah, mencari jalan untuk mengatasi perma-salahan, melaksanakan, menilai, dan mengelola pemecahan masalah tersebut yang menyangkut semua aspek belajar manusia (AECT, 1977). Sejalan dengan hal tersebut, maka lahirlah teknologi pendidikan dari adanya permasalahan dalam pendidikan.1 Sedangkan dalam pengertian yang lazim digunakan, pendidikan berarti sebagai usaha membina dan mengembangkan pribadi manusia baik aspek rohaniah maupun jasmaniah serta berlangsung setahap demi setahap.2 Dengan demikian teknologi pendidikan adalah segala media yang digunakan berkaitan dengan masalah pendidikan. Dalam perkembangan selanjutnya teknologi pendidikan adalah penjelasan atau pemahaman umum yang ditentukan untuk mengarahkan pemikiran dan menentukan tindakan dengan perangkat pendidikan dalam berbagai kesamaan dan keaneka ragaman beserta Semakin majunya kehidupan manusia, menunjukkan semakin pentingnya ilmu pengetahuan bagi mereka. Hal ini pun mengiringi semakin berkembangnya media sebagai sarana yang mendukung pendidikan. Ilmu pengetahuan adalah nyawa. Tanpa ilmu pengetahuan, rohani akan kelaparan bahkan mati diatas makanan lainnya. ------------------- Ahmadfachrurrazi.wordpress.com/2012/04/05/pengertian-teknologi-pendidikan-dan-pembelajaran. Abuddinnata, manajemen pendidikan mengatasai kelemahan pendidikan islam di indonesia, (Jakarta ; kencana, 2010) h. 6

      0 komentar:

      Posting Komentar

      Subscribe To RSS

      Sign up to receive latest news